Senin, 03 Desember 2018

PERDEBATAN KECIL DALAM RUMAH TANGGA


Menikah itu artinya kan mengikat dua orang menjadi pasangan yang diharapkan bisa untuk bersama selamanya ya.. Dan aku pengen berbagi tentang kerikil dalam rumah tanggaku selama 3 tahun ini. Topiknya semi receh ya kali ini, soalnya yang mau aku bahas disini adalah perbedaan kecil yang sering jadi perdebatan ketika dua kepala harus hidup bersama. kalo mau bahas penyebab pertengkaran suami-istri mah luas banget soalnya.



seperti biasa tulisan ini udah ngendon di draft karena kesibukan yang nggak perlu kujelasin. dan udah beberapa kali melalui proses edit hapus tulis. Awalnya tulisan ini puanjanggg banget. pas kubaca ulang kok kayaknya topikku ngglambyar jadi cerita panjang. ntar kalian bosen bacanya heuhehuheu. So, here we go.. kira-kira inilah penyebab perdebatan kecil dalam rumah tangga :


  • Habit/kebiasaan
Misal kayak aku sama abang. disiplin itu udah lifestyle. Keset yang udah ditata rapi habis disapu, enaknya aja abang keset pake diuyel-uyelin kakinya sampe berantakan trus ditinggal gitu aja tanpa dibenerin lagi. Kebiasaanku yang rapi dan abang yang berantakan itu sering banget bikin perdebatan awal-awal nikah dulu.

sekarang alhamdulillah, paling aku kudu ngomong sampe 10x dulu baru diberesin (=_=) untunglah ku sabar.

  • Prinsip
Yang mempengaruhi prinsip ini biasanya pola asuh sih, mungkin ada juga sebab lain tapi menurutku pola asuh berpengaruh sangat besar. Misalnya aku nih sejak kecil terbiasa nabung kalo mau beli sesuatu. Bukan yang tinggal bilang ortu kalo aku minta beliin ini itu. Dan prinsip ini semakin kuat sejak aku kerja. Sama sekali nggak pernah minta uang ortu lagi, bahkan harusnya aku yang kasih. Sedangkan aku dapet mertua yang memanjakan anaknya banget. Jadi aku sempet risih dulu pas awal nikah sering dibeliin pulsa tiap bulan. Jadi aku selalu sampein ke abang kalo aku nggak suka dan sempet jadi perdebatan juga.


Yang aku bisa maklumin tuh kalo misal dibantu biaya lahiran, bayar kontrakan, biaya selametan Zac (adat kejawen), atau dikasih warisan.. jiakakaka. Intinya selama aku mampu ya aku nggak mau ngerepotin ortu atau siapapun.

Sampe saat ini sih alhamdulillah masih bisa menyelaraskan perbedaan prinsip masing-masing.

  • Sifat/watak
Abang diem-diem tuh alot kaku nyeretin abisss. Kalo aku tu keras kepalanya yang stick to my opinion. Selama belum ada yang bisa kasih pendapat yang logis menurutku ya aku tetep sama pendirianku. Keras kepala. Tapi aku bisa kok menghargai pendapat orang, malah sering buat bahan introspeksi, ya intinya aku masih bisa fleksibel tergantung keadaan juga gitu.


Nah kalo abang euuuhhhhh.. ngueyelnya itu kalo udah punya kemauan suka nggak kontrol.  Boleh dikonfirmasi ke orangnya langsung, udah ngaku kok dianya. Ya tapi mungkin kalo ga gitu dia ga bakalan sama aku sih HAHAHAHA. Karena aku juga ga gampang sayang eaeaeaak :p udah ditolak mentah-mentah abang mah hajar aja teroosss WKWKWK

Lagian kayaknya aku nggak suka banget cowok yang terlalu nurut sih. maksudnya yang kurang kuat kalo punya kemauan. Aku suka cowok yang berjuang dan kerja keras karena aku sendiri orangnya gigih. Yaudah dapetnya abang yang ngeyel kalo punya kemauan. ngeyel kan sodaranya gigih. ya nggak sih? T_T

  • Capek
Aku capek sama kerjaan rumah dan ngurusin zac seharian. Abang capek sama beban pekerjaan. Ketemu pengennya didengerin keluh kesahnya. Tapi saling nggak bisa jadi pendengar yang baik karena sama-sama capek. Yaudah deh alemong.....

Dan sekarang aku yang biasanya kekeuh harus selesaiin masalah sebelum tidur mau ngalah buat biarin abang tidur dulu dan diselesaiin besok paginya. biar lebih fresh katanya, aku yang malah ngga bisa tidur nyenyak (-_-) jangan sering-sering ya!

  • Kurang perhatian
Dulu sempet ngerasa komunikasi buruk banget pas abang lagi sibuk-sibuknya merintis karir dan Zac lagi riweuh-riweuhnya tuh pas umur 0-2 tahun. Gini nangis, gitu nangis, belom bisa ngomong maunya apa, udah tidurku kurang karena zac masih bangun malem buat nenen kan hampir 2-3 jam sekali. Sampe aku ngerasa ngurus zac sendirian karena abang berangkat pagi pulang malem plus jarang bisa komunikasi yang intens. Uhuhuhuhu~

Tapi alhamdulillah sekarang abang lagi sempet dan seneng-senengnya ngajakin aku sama zac kerja buat beli-beli keperluan kantor. Ke Hartono, Ace Hardware, Depo Bangunan. Lumayan bisa bantu isi kupon undian berhadiahnya :p

  • Kurang apresiasi
Ciri-cirinya kalo hubungan yang haus akan apresiasi itu biasanya kalo bertengkar jadi mengungkit jasa masing-masing. Misal, “kamu tu nggak ngerti rasanya jadi ibu rumah tangga, siang malem dirumah ngurusin anak itu berat. Pulang tinggal makan, mandi, tidur aja.”,  “aku juga kerja siang malem hujan panas dengan beban pekerjaan yang nggak semua aku ceritain ke kamu.”
Ini curcol apa yak? HAHAHAHA

Aku terus terang aja butuh apresiasi yang nggak berlebihan. Karena aku tipe yang nggak suka digombalin. Pokoknya yang nggak dibuat-buat dengan cara abang sendiri gitu lah..
Sebaliknya juga cowok tuh ternyata juga diem-diem butuh apresiasi lho. Mungkin bukan yang dipuji gantengnya suamiku ya wkwkwk. Lebih kayak buat semangat untuk lebih baik lagi gitu. Buat merasa dihargai kerja kerasnya buat anak istri. Suami mau ninggalin game, PS or sekedar ngopi sama temennya itu juga anugerah juga kan?

Makasih ya sayang udah jadiin keluarga kecil kita sebagai prioritas :*
sering-sering bilang langsung ajalah kalo aku cantik. jangan cuma binar-binarin mata kalo liat aku :p

  • Kurang piknik
Piknik menurutku ini intinya refreshing. Nggak harus yang pergi ke tempat tamasya sih. Lebih ke "me time", waktu untuk bisa memanjakan diri dan keluar dari rutinitas ibu rumah tangga barang sebentaar doang. Beda dengan refreshing bareng-bareng nyenengin anak ke playground. Ya emang sebagai ibu kita seneng bisa nyenengin dan qtime bareng keluarga. Tapi jangan lupakan diri sendiri juga demi menjaga kewarasan. sekedar bisa ngeblog sambil ngopi, bikin kue, creambath disalon, menggambar, kerjain apapun yang kita senangi. semacam untuk recharge diri gitu.

Aku pernah ngerasain kerja ataupun jadi ibu dirumah kayak sekarang. Dan kalo dibandingkan pas aku kerja dulu tingkat kepenatannya itu  lebih besar dirumah. Ya karena kalo kerja kan meski dikantor masih ketemu banyak temen yang bawa cerita berbeda. Kalo dirumah yang dihadepin dan ditemuin ya itu-itu aja. 

Tapi setelah Zac udah nggak nenen malem dan udah lancar ngomong tingkat kepenatannya berkurang lho. Bahkan aku betah banget dirumah sama zac doang. Soalnya zac diumur 2,5 tahun ini udah pinter banget, diajak curhat udah ngerti dan bisa respon meski masih respon sederhana ala-ala batita. Emeezzz!




Emang beberapa penyebabnya remeh bin receh ya. Jangan ditumpuk doang masalah recehnya bisa jadi gede terus jadi bom waktu lho.. Tapi itulah pernikahan. Harus bisa saling kompromi perbedaan masing-masing. Selama perbedaan itu bisa diatasi bersama insyaallah hubungannya bisa langgeng dan bahagia. Karena ada loh hubungan yang langgeng tapi nggak bahagia. Karena udah saling nggak peduliin lagi satu sama lain. Karena masalah-masalah kecil yang di abaikan dan secara nggak sengaja mematikan cinta antara keduanya. Jadi menua bersama dengan hubungan pernikahan yang hanya demi status atau berbagai alasan tertentu. Yang kalo dibahas bakalan rumit ampun. Makanya dengan memahami permasalahan sejak dini aku jadi bisa tau apa yang harus dilakukan ketika hal berjalan nggak sesuai dengan visi misi pernikahanku sejak awal.

Yang paling penting tentu aja komunikasi ya biar bisa menyelaraskan perbedaan. Makanya aku nggak betah banget bertengkar yang diem-dieman berhari-hari. Bagiku itu buang waktu banget dan bukan sebuah solusi. Dan jangan terlalu berekspektasi lebih. Suami itu bukan dukun yang ngerti kemauan kita makhluk Tuhan paling misterius. Jangan minta dingertiin isi hatinya, ya siapa yang tau isi hati perempuan yang luasnya lebih dari samudera.

Kalo mau suami ngertiin ya kita harus ngomong apa maunya. Kalo pengen suami romantis, lebih perhatian, bantuin kerjaan rumah, ya harus bilang yang jelas. Jangan harap suami tetiba beliin hadiah yang kita pengen, bilang “kau cantik hari ini dan aku suka”, bangun tidur nyuciin piring semalem. Karena tingkat kepekaannya beda sama kita. Cowok mah gitu..

Sekian deh. Boleh tambahin lagi apa aja perbedaaan kecil di rumah tangga kalian dikolom komentar. karena ujian setiap rumah tangga itu pasti beda-beda. semoga kita semua selalu bisa melalui segala ujian dalam pernikahan kita yaah..



Love,

Chely

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi ^^ Thank you for reading.. and your comment means a lot to me!
if you need a quick response please poke me on my Instagram @chelychelo :)