Rabu, 19 Desember 2018

TIPS PERAWATAN HEMAT IBU CERMAT

Kalau sudah jadi ibu rumah tangga uang tuh lebih baik dipake buat kebutuhan lainnya daripada sekedar perawatan ke salon ya? (yang horang kayah nggak usah ikut jawab dulu plis). Ini pengalaman saya banget. Sebenernya saya juga nggak pernah perawatan yang gimana-gimana sih, paling dulu cuman ke salon buat creambath doang sekali tiap bulan. Sekarang kok sayang banget uangnya bisa dipake buat sekedar beli ice cone atau aichiro ke mall sama zac sambil main di time zone.


Nah, saya mau sharing apa aja sih yang bisa dimanfaatin buat perawatan biar bisa hemat. Bukan sekedar bahan alami yang sering ada dirumah dan kita pakai sehari-hari, bahkan bisa dari bahan sampah atau yang sering kita buang gitu aja. So, here we go..


AIR CUCIAN BERAS/UAP NASI

Gambar 1 air cucian beras

Gambar 2 uap nasi

Gambar 3 air hasil penguapan (subliman) nasi


Di setiap rumah pasti ada deh bahan ini. Kecuali kalo kalian nggak makan nasi deng. Hehehe.. mulai dari air cucian, uap nasi setelah matang, sampe air subliman-nya ada manfaatnya semua lho. Biasanya saya nggak terlalu mau tau apa manfaatnya pokoknya bagus aja kalo habis pake perawatan ini. Tapi kali ini saya googling dan rangkumin buat kalian, gengs.

Air cucian beras itu biasanya saya pake cuci muka. Manfaatnya banyak, antara lain : meningkatkan pertumbuhan sel kulit, mencegah pigmentasi (penggelapan), memperbaiki tekstur kulit, mengontrol minyak, bahkan bisa juga menyuburkan rambut dan menghilangkan kutu. WOW! (No, saya nggak kutuan)

Habis dicuci berasnya kan dimasak pake rice cooker, setelah nasi matang biasanya diaduk-aduk, nah sambil ngaduk sambil mukanya diuap-in. Manfaatnya buat mengeluarkan kotoran melalui keringat, melancarkan peredaran darah di wajah biar kelenjar minyak lebih stabil, melembabkan, mengencangkan dan mengenyalkan kulit.

Setelah itu aku ambil sisa uap air subliman yang dibelakang rice cooker itu, dioles ke muka ala-ala pake serum. Diamkan 5 menit aja udah berasa kering gitu dibilas deh pake air hangat kuku. Manfaatnya yang aku rasain muka jadi halus dan lebih cerah.


SISA BUAH/SAYUR (JERUK NIPIS, PISANG, TOMAT, TIMUN)

Gambar 4 jeruk nipis


Hampir semua buah/sayur bisa buat perawatan ya kayaknya.. tomat, timun, buah naga, mangga, piasang. Saya biasanya sih asal tempel-tempel trus bilas aja. Pasti bisa keliatan hasilnya secara langsung kok. Entah makin cerah, lembab, halus, kenyal. Pokoknya harus rutin pakenya ya, bisa 1-2 kali seminggu.

Disini saya kasih satu contohnya jeruk nipis sisa bikin minuman ya. Seperti digambar, jeruk nipis yang sudah dibelah saya gosok-gosok aja ke wajah dan jari tangan. Jangan kena area mata dan jerawat yang masih meradang ya biar nggak perih.

Manfaatnya : membuka pori-pori yang tersumbat, membantu mengangkat sel kulit mati/menghilangkan bekas jerawat, dan tentunya mengandung banyak vitamin yang dapat menutrisi kulit kita.


SISA KULIT TELUR


Gambar 5 kulit telur


Bahan ini juga pasti sering banget ada dirumah bahkan biasanya kita buang sebelum dimanfaatkan. Nggak usah repot-repot memisahkan antara kuning telur dengan putih telur kalau mau bikin masker. Tinggal sisihkan dulu kuiit telur bekas kita bikin telur ceplok, setelah ada waktu luang tinggal kita korek-korek aja sisa-sisa putih telur yang masih menempel didalam cangkangnya. Biarkan mengering sekitar 10-15 menit, bilas dengan air hangat.

Manfaatnya : memutihkan, membersihkan, menghaluskan, mencerahkan, menghilangkan flek & bekas jerawat, mengecilkan pori-pori, menghilangkan komedo, mengatasi mata panda.


AMPAS KOPI/TEH


Gambar 6 ampas kopi


Yang ini juga pasti ada deh di stok dapur. Teh dan kopi. Kalo saya lebih suka kopi. Biasanya habis minum kopi ini ampasnya langsung aja saya pake masker. Baunya emang menyengat banget ya, yang nggak suka kopi bisa pake ampas teh. Kalo pake teh celup bisa dibuka dulu kain saringnya atau langsung aja olesin sisa kantung teh celup ke wajah. Biarkan 10 menit, bilas dengan air hangat.

Manfaat kopi : sebagai eksfoliator karena teksturnya yang seperti scrub itu bisa mengangkat sel kulit mati, sebagai anti-inflamasi karena mengandung antioksidan tinggi yang dapat mengurangi bengkak dan kemerahan akibat radiasi UV dan radikal bebas, juga mengurangi efek penuaan dini.


MADU

Gambar 7 madu


Zac doyan banget madu, jadi sering ada dirumah. Selain baik untuk daya tahan tubuh madu ini bisa kepake apa aja. Bisa untuk masker wajah, rambut, bibir, bisa juga dicampur makanan dan minuman. Cuman kalo madu agak sayang deh kalo mau saya pake buat rambut, kan lumayan mahal ya.. hehehe. Jadi yang sering sih buat masker wajah sama bibir aja. Bisa dicampur gula untuk scrub bibir biar sel kulit mati terangkat.

Manfaat : menghaluskan rambut, melembutkan bibir, melawan radikal bebas agar kulit nggak kusam.


Kayaknya tips ini ribet dan nggak perlu kalo kalian adalah ibu-ibu horang kayah ya.. hehehe. Saya hanya berbagi pengalaman aja untuk para ibu-ibu hemat kayak saya, apalagi yang sering mengolah bahan makanan sendiri. Semoga bermanfaat ya..



Love,


Chely

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi ^^ Thank you for reading.. and your comment means a lot to me!
if you need a quick response please poke me on my Instagram @chelychelo :)