Selasa, 25 Desember 2018

BRAND NEW ME - 25th BIRTHDAY



Desember tahun ini saya ngerasa "berbeda" dengan tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari sebelum menikah, sesudah menikah, dan punya anak. Masing-masing punya kesan tersendiri. Dan so far rasanya desember ini lah yang paling berkesan.

Saya hidup dikeluarga yang merayakan ulang tahun dengan hadiah, ucapan atau makan bersama. Sedangkan Abang, suami saya adalah orang yang sangat jarang merayakan momen ulang tahun maupun momen lainnya yang saya anggap penting.  Kalau saya sejak kecil setiap bulan desember tiba selalu memikirkan hadiah apa yang diinginkan saat ulang tahun. Abang nggak perlu menunggu ulang tahun untuk meminta sesuatu. Kapanpun dia ingin sesuatu dia akan bilang ke orang tuanya. Dan setidaknya nggak perlu nunggu ultah atau menabung sendiri untuk memenuhi keinginannya.

Dulu awal dekat dengan abang saya kasih dia surprise saat ultahnya. Saya bawain dia ice cream yang ditancepin lilin dan kado ke kosan dia. Nggak terlupakan karena ternyata saya salah tanggal. Malu banget. Udah sok-sok an dateng buat bikin dia surprised ternyata aku pun dibikin surprised pas dia ngomong, “siapa yang ultah?” WKWKWK.

Setelah itu dia bales kasih surprise yang nyontek persis dengan cara saya ke dia. Tapi tanggalnya bener nggak salah. Hehehe. Dan bertahun-tahun setelah itu saya masih terus kasih dia surprised dengan berbagai cara yang berbeda dan bisa dibilang selalu berhasil. Sedangkan abang nggak. Tahun selanjutnya dia selalu nanya pengin kado apa, pengin makan dimana, pengin pergi kemana.  Nggak asik banget kan. Ya karena abang nggak bisa dan nggak tau gimana caranya kasih surprise. Tahun ini kado apa yang kira-kira saya pengen.

Pernikahan tahun ke tiga, ketemu udah 4 tahun sebelum nikah, total 7 tahun kenal ya udah hapal karakter abang. jadi yang iyaudah aja lah dengan cara dia yang nggak sesuai dengan keinginan saya. Udah makin banyak hal yang bisa dikompromi. Udah yang nggak jadi pengin ditebak maunya gimana, kalo saya mau sesuatu yaudah kode keras aja langsung bilang apa gimana daripada berekspektasi. Ditambah beberapa bulan ini udah punya kesibukan banyak selain ngurus rumah dan anak. Rasanya udah nggak sempet sadar mau ultah.

Bukan yang sok lupa kalo tanggal 24 ini ultah, tapi yang emang nggak bayangin apa-apa, nggak pengin apa-apa, nggak ada ekspektasi sama sekali. Kebetulan juga lagi ada rencana sekeluarga bareng ngunjungin mertua ke Sidoarjo terus mau jalan-jalan ke Surabaya. Udah beberapa tahun belakangan juga nggak pernah ada surprise bahkan kado lagi dari keluarga. Ultahnya dirayain dengan makan bersama sekeluarga doang.

Tau-tau perjalanan malem dari Malang ke Sidoarjo dapet surprise dari keluarga didalem mobil. Dari kursi belakang adik sama ibu nyanyi dan kasih kue. Wah I feel so happy sih rasanya meski gitu doang. Nggak taunya pas udah nyampe rumah mertua mereka juga belum tidur padahal udah sekitar jam 3. Terus saya dateng disambut ucapan hangat selamat ultah dengan wajah yang beneran hangat banget. Ucapannya berasa banget masuk ke hati pokoknya nggak bisa dijelasin dengan kata-kata.

Udah seneng, ngirain yang beneran udah, pas beberes dikamar dapet surprise lagi! abang kasik kue yang beneran birthday cake pake tulisan “Happy Birthday Istriku Tercinta” dengan muka yang malu-malu dan gimanaaa gitu. Duh yang bisa ngerasain sih yang punya suami nggak romantis lah pokoknya. Nyess aja ketika kita udah tau pasangan bukan orang yang romantis terus dia sengaja mau melakukan hal romantis buat bikin kita seneng. Unchhhh. Thank you for being nice to meee my love :*

Kayaknya emang abang udah rencanain dari beberapa hari sebelumnya deh. Soalnya aku juga baru ngeh pas hari ibu tanggal 22 kemarin itu dia juga kasih ucapan yang sweet meski harus ditagih dulu. “nggak pengin ngucapin sesuatu nih??”, terus dia baru bilang “selamat hari ibu ya..”. saya melengos aja sok jutek tapi sambil bercanda ya karena saya tau muka-muka dia nahan sebenernya pengin ngucapin tapi bingung mau gimana. Eh pas udah nyampe kantor abang WA “Selamat hari ibu.. Makasih selama ini udah jadi istri dan ibu terbaik buatku dan zac..”. itu udah termasuk sweet banget buat level abang yang ngomong. Tapi saya masih sok judes aja balesin “kayak nggak ketemu aja ngomong di WA, ntar kudu ngomong langsung”. Padahal di hati udah berbunga-bunga dipuji gitu. Aw receh bet ya gua Xp

Dan sepulang dia kerja ya beneran gitu abang ngomong langsung nggak perlu diingetin dan ditodong kayak biasanya. “selamat hari ibu ya yang.. tetep jadi istri dan ibu yang terbaik. Jadi pejuang yang kuat, hebat, tahan segala cuaca”. Sambil peluk dan ngomongnya malu-malu. Wah nggak nyangka sih ternyata selama ini perjuangan saya di apresiasi. Abang ngaku dia menilai saya selama ini adalah wanita yang nggak lemah, dan juga wanita terbaik untuk mendampingi dia dan jadi ibu dari anaknya. Aaa co cweeett.. butterflies in my stomach.

Jadi yang membuat desember ini berkesan dari sebelum-sebelumnya adalah karena saya sudah bisa berdamai dengan diri sendiri dalam banyak hal yang nggak saya sebutkan satu persatu disini, mungkin di postingan lain kapan-kapan. Yang salah satunya adalah dalam berekspektasi. Misalnya ketika saya punya banyak kesibukan positif saya jadi nggak sempet lagi mau mempermasalahkan hal-hal yang harusnya bisa di redam. Saya nggak sempet lagi mau fokus dalam egoisme yang nggak bermanfaat. Saya nggak sempet lagi menagih orang membalas kebaikan yang sudah saya berikan.

Contoh kecilnya saya dulu sempet yang pengen dong dibales dikasih surprise sama abang, pengin dong yang tiba-tiba dibeliin hadiah meski bukan hari spesial, pengin yang mendadak di romantisin gimana caranya kek. Kan selama ini saya selalu seperti itu ke abang. Semakin kebanyakan ngayal dan menuntut semakin sebel-sebel sendiri kan. Saya yang berkekspektasi sendiri, saya yang kesel sendiri kalo nggak kesampaian, saya nyalahin orang atas kekecewaan saya. Nah kan sungguh unfaedah. Syukurlah ketika saya sadar ada hal yang kurang benar dan coba introspeksi diri, saya lebih sering self-talk, saya menggali apa yang salah, saya tanyakan pada diri sendiri harusnya gimana, dengan sendirinya melatih diri untuk menurunkan ego demi menemukan solusi.

Dan saya jadi lebih bahagia dengan menentukan kebahagiaan dengan diri saya sendiri. Tanpa harus menuntut orang lain menciptakan kebahagiaan untuk saya. Ketika saya sudah menata hati seperti ini, saya otomatis lebih banyak lagi bersyukur dari sebelumnya. Bukan berarti saya kurang bersyukur kemarin-kemarin, tapi dengan seperti ini hati dan pikiran saya lebih terbuka luas lagi dalam menemukan hal-hal yang patut untuk disyukuri sampai saya lupa bahkan merasa nggak sepantasnya untuk mengeluhkan hal-hal yang tidak bisa saya kontrol.

Daripada saya mengeluh orang lain tidak membahagiakan saya dengan cara yang seperti yang saya inginkan, mending saya menyadari bahwa orang itu sudah mencoba membahagiakan saya dengan cara dia. Seperti abang yang mau membantu saya mengerjakan pekerjaan rumah, mau mijitin pas saya bilang capek, mau handle zac pas maag saya kumat. Intinya saya menggunakan daripada-daripada yang menuntun saya ke arah yang lebih baik.

Dengan bahagia yang saya ciptakan sendiri, rasa untuk menyalahkan orang lain sebagai orang yang andil dalam kesedihan atau kekecewaan saya menjadi hilang. Ketika saya mengerti keadaan seseorang tetapi orang tersebut tidak melakukan hal sebaliknya kepada saya, saya bisa “let it go” dengan keadaan tersebut. Jika mungkin istilah “ikhlas” kurang pantas, karena keikhlasan itu bukan perkataan di mulut tapi perasaan di hati yang nggak perlu di ungkapkan. Justru perasaan itu sangat terasa meluaskan hati ketika saya mengaplikasikannya dalam diam.

To sum up, welcome 25th, welcome brand new me, I am ready for next.. Desember ini seorang chely terlahir kembali dengan hati yang baru, resolusi baru, semangat baru. Dengan visi untuk jadi chely yang bahagia, menebarkan kebahagiaan dan inspirasi, menjadi manusia yang bermanfaat, bukan untuk semua orang, bukan untuk menjadi superhero, tapi untuk satu orang saja. Saya hanya menargetkan diri saya bisa bermanfaat minimal untuk satu orang saja, untuk setiap hal yang saya lakukan dan berikan.

Selina Heryati mengucapkan, Selamat Hari Natal dan Tahun Baru bagi yang merayakan, dan selamat liburan khususnya untuk full mom seperti saya yang libur setiap hari ^^
*paradoks detected*



Love,

Chely

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi ^^ Thank you for reading.. and your comment means a lot to me!
if you need a quick response please poke me on my Instagram @chelychelo :)