Rabu, 26 September 2018

I AM A VICTIM OF SEXUAL HARASSMENT



Ada yang bilang kalo orang nggak suka nonton berita itu bakalan ketinggalan jaman lah, kurang wawasan lah, bla bla bla. Dan aku adalah orang yang nggak suka nonton berita kriminal. Karena bakalan berakhir dengan mood terjun payung, ngedown, pokoknya nggak enak ati bisa sampe seharian. Sekarang coba kalian baca kalimat  “pelaku memasukkan gagang pacul ke organ intim korban”, “seorang ayah menghamili anak kandungnya”, “ditemukan mayat janin didalam freezer”, “seorang guru pesantren mencabuli 15 muridnya”. WTF.

Aku sangat sangat sangat nggak sanggup nonton itu semua. Walaupun aku suka banget film thriller yang isinya orang-orang psycho. Mungkin karena aku tau itu Cuma film bukan real life.  Aku lebih suka ngikutin berita politik mesi kadang isinya orang-orang lucu in a bad way. Dan bukannya terus aku jadi ketinggalan soal berita kriminal tuh. Aku masih sering liat spoiler judul berita kriminal yang dibikin semenarik mungkin biar orang penasaran kalo lagi main medsos, dan jarang banget aku buka sih.

Yang paling sensitif buat aku tuh tentang kejahatan seksual. Bukan karena kejahatan yang lain itu lebih ringan atau apa, tapi karena aku adalah salah satu korban pelecehan seksual. Mungkin sedikit yang tau hal ini. Hanya orang-orang terdekatku. Masih ada rasa trauma sama peristiwa ini. Dan aku bakalan ceritain disini.

Sekitar 8 tahun yang lalu pas aku masih menjalani masa Prakerin (Praktek Kerja Industri) disalah satu perusahaan digital, aku masih kelas 2 SMK. Aku prakerin disana selama 1 tahun, mulai kelas 2 semester akhir sampai kelas 3 semester awal. Hari-hari aku naik angkot CKL, senin-jumat masuk jam 8 pagi dan pulang jam 5 sore.

Dan suatu sore aku pulang dari prakerin seperti biasa, turun dari angkot didaerah Velodrome Sawojajar aku jalan menuju rumah kira-kira jaraknya 5 menit. Kompleks perumahan emang cenderung sepi ya apalagi jam-jam segitu. Aku jalan sendiri pake jeans dan kaos merah, sepatu sneakers, tas selempang (saking masih melekatnya ingatan itu) dan nggak ada feeling apa-apa. Tiba-tiba ada motor dari arah belakang melintas disebelah kananku dan tangannya menyentuh bagian (yang nggak pantas disentuh) sambil mengendarai motor yang terus melaju. Aku SHOCK!!! Sepersekian detik aku nggak tau apa yang aku rasain. Kejadiannya cepet banget. Setelah aku sadar aku Cuma bisa teriak MISUH-MISUH sambil cari batu buat lempar tapi orang itu udah jauh kira-kira 15 meter didepan dan aku udah ngedown duluan nggak jadi lempar batu karena dia ngebut banget nggak mungkin terkejar.

Sambil mata berkaca-kaca dan perasaaan marah luar biasa aku liat sekelililng nggak ada orang sama sekali. Hanya ada 1 orang yang bengong didalem pager rumahnya nggak ngerespon apa-apa. Aku malu dan pikiran nggak jernih melangkah pulang dengan nangis. Nggak nyangka sama sekali aku dapet pengalaman buruk kayak gitu dijarak kira-kira tinggal 50 langkah dari rumah. Sampe dari rumah aku Cuma bisa ceritain ke ibuku sambil netesin air mata. Nggak yang sesenggukan karena emang aku nggak terbiasa nangis didepan orang tua. Dan nggak ada pikiran sama sekali harus ambil langkah apa lagi karena mau lapor polisi pun aku nggak inget plat nomer motornya

 Yang aku inget dia pake motor matic, celana kain hitam dan jaket kulit hitam, helm hitam tertutup, dan setauku selama bertahun-tahun disitu nggak pernah ada cctv dan 8 tahun lalu itu belum populer modus pelecehan seksual kayak sekarang ini. Cctv udah dimana-mana, berita juga banyak karena mungkin banyak yang lapor dan punya bukti. So sadly, aku punya trauma itu sampe sekarang. Ada desir didada dan perutku kalo aku lagi jalan dan ada suara motor yang lewat dari belakang.

Makanya sejak itu aku jarang banget jalan sendirian kemana-mana. Kalopun lagi jalan sendiri selalu sering nengok kebelakang tiap denger ada suara motor mendekat gegara ada rasa insecure gitu. Dan kalo lagi ada temen jalan aku selalu milih disisi yang nggak bersebelahan dengan jalan sih. Alhamdulillah sekarang udah berkurang sih rasa insecure itu sejak berhijab.

Mungkin emang nggak menjamin ya yang berhijab dijamin aman dari hal seperti itu, karena kejahatan itu nggak pandang bulu, namanya orang jahat nggak bakalan mikirin korbannya berhijab atau nggak, perawan atau janda, anak-anak atau ibu-ibu. Aku pernah liat diberita ada pelecehan seksual yang terekam cctv seorang wanita berhijab yang lagi duduk diatas motor sendirian nungguin temennya di gang sempit dan sepi. So kalo masih ada yang bilang pelecehan seksual itu salah si ceweknya mengumbar aurat lah, nggak berhijab lah, hijabnya nggak syar’i lah, mungkin karena dia, keluarga dan orang-orang terkasihnya nggak pernah ngalamin itu. Dan dia nggak punya empati sama orang lain. Kejahatan terjadi karena ada niat jahat dan kesempatan. Waspadalah-waspadalah!

Karena udah pernah ngalamin yang kayak gitu rasanya aku perlu kasih tips ya buat para wanita yang sering kemana-mana sendiri kayak aku.
  • 1.       USAHAIN NGGAK JALAN SENDIRIAN DITEMPAT SEPI / LEWAT JALAN YANG LEBIH RAMAI. Kalo kayak aku yang dulunya jaman sebelum nikah sering banget kemana-mana sendiri, harus lebih waspada kalo lagi ditempat sepi. Kalo perlu mending ambil jalan raya yang sedikit muter nggak apa-apa yang penting sekiranya nggak ada kesempatan buat orang niat jahat. Jangan lupa waspada sama tas, dompet, hp jangan sembarangan bawanya. Nggak kena pelecehan seksual tapi ntar jangan sampe kena jambret juga dong.
  • 2.       BELAJAR BELA DIRI / MEMBAWA ALAT UNTUK MEMBELA DIRI. Ini sih yang aku nyesel banget. Padahal aku suka banget olahraga. Tapi dasarnya aku anak nelongsoan, dulunya pas SD nggak jadi ikut karate karena nggak dibeliin seragam karate. Kalo harus bawa alat pun aku orang yang malas banget (gimanasik ngasi saran kok gak kasih teladan =_=V) heheu. Aku lebih milih bela diri dengan cara apapun sih kalo sampe amit-amit kejadian lagi. Janji sama diri sendiri udah nggak pake shock lagi langsung aja GUA TENDANG LU!
  • 3.       HAFALIN CIRI DAN IDENTITAS YANG BISA DILACAK. Kalo udah terlanjur kejadian dan penjahatnya berhasil lari sebisa mungkin hafalin muka, baju, celana, tato, tompel, semua ciri-ciri dan yang menempel dibadan dia. Dan yang paling penting kalo dia bawa motor HAFALIN PLAT NOMERNYA, SIS! Gue ngerasa dodol banget karena nggak kepikiran ini dulu. Maklumlah namanya juga nggak siap-siap.. 
  • 4.       TERIAK SEKENCENG-KENCENGNYA. Kalo ngerasa nggak bisa ngelawan teriak sekencang-kencangnya. Karena ada orang yang saking takutnya dan shock nggak bisa mikir jernih biasanya nggak tau harus apa dan malah diem aja gemeteran. Itu bisa bikin pelaku semakin diatas angin dan memperparah perlakuan jahatnya.
  • 5.       BERBOHONG DEMI KEBAIKAN. Ini cara paling absurd mungkin. Tapi nggak tau kenapa aku kepikiran cara ini. Kalo ada orang berniat melakukan pelecehan seksual sedangkan aku lagi di tempat dan keadaan yang berbahaya untuk ngelawan, misal dia bawa senjata tajam dan ngancem aku nggak boleh teriak. Tau nggak aku bakal ngapain? Jangan ketawa ya.. aku bakalan menggoda pelaku. Yup. Aku bakal bilang, “kamu mau apa tinggal minta aja pasti aku kasih kok, nggak usah ngancem-ngancem segala.” Gila gue geli banget bayanginnya geengss.. tapi kita harus bisa meyakinkan pelaku bahwa kita juga mau melakukannya. Goda dia, alihkan pikiran jernihnya sampai dia taruh senjatanya, kalo perlu sentuh dia di bagian sensitifnya. Karena orang kalo udah mikir ngeres otaknya pindah kesitu. Kalo udah tepat waktunya, TENDANG TUH OTAK NAFSUNYA! SEKENCENG-KENCENGNYA sampe dia posisi jatuh. Terus ambil langkah seribu. Lari dengan konsentrasi tinggi. Jangan sampe jatuh pas lari apalagi sampe dia bisa nyusul. Nggak usah noleh ke belakang sampe kalian yakin dia nggak ngejar dan udah ngambil jarak jauh sama pelaku. Begitu merasa udah aman langsung cari pertolongan dan laporin ke pihak berwajib.


Sorry ya kalo solusi terakhirnya susah dipahami oleh pikiran kalian. Kayaknya chely kebanyakan nonton film thriller guys. Dan emang aku kalo nonton film thriller selalu ikut ngomelin pemainnya kalo sampe ada kecerobohan pas dia usaha kabur dari penjahatnya. Padahal mah emang sama sutradaranya disuruh akting begono yak..

Untuk para korban yang pernah ngalamin kayak aku. Mungkin banyak sekali yang mengalami lebih lebih lebih buruk dari yang aku alami. Banyak sekali orang yang menjadi sangat menutup diri, merasa malu untuk keluar rumah, merasa takut ketemu orang, bahkan menyakiti diri sendiri sampai bunuh diri karena merasa dirinya nggak berharga lagi. It’s a big NO. Keep strong geengs!

Aku tau itu nggak mudah. Dan Itu memang hal buruk yang pernah terjadi dihidup kita, bahkan mungkin membentuk dan berpengaruh dengan kepribadian kita, membuat kita mempunyai trauma, tapi maafkanlah dia. Aku nggak tau apa istilah yang pantas untuk semacam memaafkan orang seperti itu. Tapi percayalah, memaafkan itu bukan tindakan yang kita lakukan untuk orang lain. Tapi memaafkan adalah untuk kebaikan kita sendiri, supaya kita move on dari peristiwa buruk di masa lalu itu dan melangkah menuju masa depan.

Terakhir, Mereka mungkin melakukan hal buruk pada kita dimasa lalu, tapi mereka nggak pantas merusak masa depan kita juga. Kita sendiri lah yang menentukan bagaimana masa depan kita nanti. Jangan ragu kalau misalnya kalian butuh bantuan profesional seperti psikolog/psikiater. Sampaikan pada keluarga yang bisa membantu agar kalian mendapat bantuan dari ahlinya. Peluk erat dari aku...




Love


Chely

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi ^^ Thank you for reading.. and your comment means a lot to me!
if you need a quick response please poke me on my Instagram @chelychelo :)