Rabu, 12 September 2018

RESOLUSI KEDISIPLINAN


Selamat tahun baru hijriyah guys! Udah pada dapet jenang suro belum? Aku mah semalem udah dikasih tetangga. Hehehe.. kalo ngomongin tahun baru, hijriyah maupun masehi rasa-rasanya kayak momen pas buat memperbarui sesuatu ya? Tetiba aja aku kepikiran mau memperbarui resolusi “kedisiplinan” yang aku buat pas tahun baru januari kemarin deh. Sebenernya dari dulu aku adalah orang yang disiplin banget. Disiplin dalam membuat aktivitas teratur dan menempatkan hal pada tempatnya. Tapi sejak menikah dan punya anak, jujur saja kedisiplinanku berantakan banget guys.. terus aku ada ide buat bikin list kedisiplinan karena terinspirasi buku ini :



Ini buku aku beli iseng waktu lagi belanja bulanan di Giant Sawojajar , kebetulan ada wagon buku-buku diskonan gitu. Cuma 20 ribu gaaaeesss! Dan aku pilih buku ini karena aku suka tentang filosofi kehidupan. Isinya adalah cara-cara membuat kita bisa hidup lebih maksimal. Salah satunya ya bikin list kebiasaan baik yang harus dilakukan.

Dari dulu juga kita pasti punya ya pikiran tentang apa yang harus dilakukan ya, tapi ternyata dengan menuliskannya buat dijadiin pengingat itu lebih cespleng lho.. mungkin kalo cuma dipikirin kan kita bisa lengah dan lupa ya. Tapi kalo kita tulis atau kalo perlu kita tempel di dinding kamar biar kebaca tiap hari, kita jadi lebih aware loh sama komitmen yang udah kita buat. Kalo ngelanggar kayak semacam menelan ludah sendiri gitu berasanya. Karena tulisan itu kan jadi sebuah bukti kalo kita udah berjanji sama diri sendiri. Sama kayak kontrak kerja misalnya, kalo pas interview kita dibilang jobdesc-nya bla bla bla, pas udah praktek ternyata ada hal-hal yang harusnya bukan kerjaan kita dan kita ga bisa protes karena ga ada hitam diatas putihnya. Semacam begitulah..

Nah di post ini aku mau bahas list resolusi kedisiplinan yang lalu. Jangan ngetawain dan judge aku ya..

1. SHOLAT TEPAT/DI AWAL WAKTU
Yup.. so sad kan? Susah banget sekarang guys mau sholat diawal waktu. Mungkin emang hambatan sebenernya dari diri sendiri. Mau lagi masak kek, mau nonton drakor kek, mau ngemong anak kek, kalo kita mau beneran prioritasin berangkat wudhu begitu denger adzan kan bisa aja ya.. cuman ternyata itu ga semudah yang dibayangin loh buat aku sekarang ini. Denger adzan lagi masak belom kelar “eh tunggu bentar deh habis ini selesai kok”, begitu masak selesai “eh kok keringetan bau bawang gini.. mandi dulu deh”, habis mandi “eh rambut masih basah hairdryer-an dulu deh sambil nonton tv”, rambut kering udah jam setengah 3 sore baru dhuhur-an. Hikshiks.. hayo siapa yang kadang suka gitu ngacung! Yaa Allah maafkan hamba.. L

2. MEMBACA ALQUR’AN SETIAP HARI
Awal-awal punya anak jangankan baca qur’an guys, kebelet poop aja baru jongkok udah oek-oek, mau makan sendok belom masuk mulut oek-oek lagi, tidur keseliyut oek-oek terus.. lama-lama emaknya yang baby blues oek-oeeeeekkkkk.. emak-emak pasti ngerasain banget capeknya kan? Sampe aku nyadarin udah lama banget alquran didiemin dipojokan sampe berdebu. Huhuhuu.. ya Allah ampuni hamba.. L

3. ME-MANAGE UANG BULANAN
Dulu itu mulai awal nikah uang gaji masih press banget. So aku cuma berhemat tanpa bagi-bagi peruntukannya. Butuh ambil selembar, beli ambil selembar, tanpa tau pengeluaran apa yang paling banyak. Alhamdulillah sejak pernikahan hampir tahun ketiga pendapatan abang mulai lumayan. Mulai bisa nabung setelah nutup pinjaman kecil pasca lahiran. Jadi setelah nerima uang bulanan dari abang aku langsung bagi dan amplopin sendiri-sendiri. Tiap amplop aku tulisin misalnya untuk sedekah, belanja, keperluan anak, bayar listrik & air, family time pas weekend, tabungan, dll.

4. MENABUNG MINIMAL RP.X,- SETIAP BULAN
Berhubungan dengan list nomer 3 nih. Jadi aku komitmen isi amplop buat tabung sekian rupiah tiap bulan. Sekitar 30%an gitu biar lumayan banyak. Dan uang ini ga boleh diganggu gugat kecuali ada keperluan yang bener-bener butuh banget dan harus ada persetujuan berdua sama abang. Beli skincare contohnya :p wlee nggak ding becanda.

5. OLAHRAGA MIN 1X SEMINGGU
Huaaahh.. begitu perut udah buncit aja baru masukin olahraga dalam list. Beneran baru ini aku gendutan guys. Kalo pas hamil sih maklum kan naik.. drastis banget dari 45 kg jadi 62 kg berarti naik 17kg kan guys.. tapi setelah melahirkan dan jadi busui aku cepet banget normal lagi jadi 46 kg. Sampe Zac umur 1,5 tahun aku mutusin buat berhenti KB suntik eh malah sekarang aku naik 5 kg jadi 50 kg. Padahal harusnya kan KB yang bikin gemuk ya? Aku seneng aja sih BB 50 kg masih ideal banget sebenernya biar ga kerempeng amat. Asal kalo berisinya merata ke seluruh tubuh. Lha ini mak jendul di perut dan pinggul doang.. jadi sedih dress dan celana banyak yang ku tak muat lagiiii.. heuuuu L

6. BANGUN MAX JAM 5 PAGI
Kebiasaan ini mulai terganggu sejak abang kerja di dua tempat sekaligus guys. Jadi yang tiap harinya dia pulang larut banget dan ga pernah ketemu yang quality time gitu. So aku jadi melek-melekin pas malem nemenin dia entah untuk ngobrol atau nonton film bareng. Karena berlanjut intens dan terus menerus aku jadi insomnia gitu. Sampe pernah yang beneran semaleman ga bisa tidur sampe 2 hari. Wah.. bahaya banget kalo diterusin nih. Demi bisa quality time sama suami tapi efeknya bisa penyakitan. Tau sendiri kalo emak-emak yang sakit bisa berantakan rumah tangga ini ya gak?

7. SHOLAT DHUHA & TAHAJUD SETIAP HARI
Ngelakuin ibadah wajib adalah bukti kita orang yang taqwa ya guys, tapi ngelakuin ibadah sunnah itu bukti kita sayang, butuh dan rindu pada-Nya.. apalah diri ini yang masih suka ngaret ibadah wajibnya, tapi masih selalu ada keinginan ngelakuin yang sunnah juga. Dhuha ga terlalu kesulitan nyempetin sih walau belum rutin tiap hari. Tapi kalo tahajud napa cucah anet ya guys L kalo tidur terus ngelilir kenapa hamba ini cuma bisa ganti pampers anak atau ganti posisi dan tidur lagi ya L kenapa berat mata dan badan ini mau bangun dan melangkah wudhu L kenapa guys kenaapaaaaa??? 

Itulah list target kedisiplinanku awal tahun baru januari kemaren guys. Baru terlaksana yang membaca Alqur’an setiap hari, me-manage uang bulanan, dan menabung min Rp. X,- tiap bulan. Alhamdulillah Zac juga udah mulai besar. Ga yang sering bangun malem lagi. Abang pun udah ga tiap hari pulang terlalu larut. Hidup itu dinamis, selalu berproses. Jadi kita harus yakin bahwa kita selalu dalam proses menuju lebih baik ya guys. Jatuh bangun lagi, lupa diinget lagi, ga bisa ya belajar lagi. Karena hidup itu yang penting adalah akhirnya. Dan akhir itu adalah ketika kita berhenti berproses. Anyway aku memperbarui list lagi hari ini. Insya Allah next post yaa..

Kalau kalian punya list resolusi apa guys? Susah ga mencapainya? Boleh share aku dong dikolom komentar. Siapa tau aku jadi terinspirasi dan masukin ke list aku juga. Semangat yaa J

Love,

Chely

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi ^^ Thank you for reading.. and your comment means a lot to me!
if you need a quick response please poke me on my Instagram @chelychelo :)