Jumat, 14 September 2018

MENEMUKAN JATI DIRI


Kemarin aku bilang mau post tentang list kedisiplinan yang baru ya.. kayaknya gajadi deh (untung aja bilangnya insya Allah. Hheu..) soalnya setelah aku liat list nya 70% tetep sama kayak yang lama wkwkwk. Yang belum baca boleh mampir dulu..


Cuman nambahin 1 hal doang yaitu mau rutin bikin postingan blog. Ga boleh malas nulis apalagi mandeg jegreg dan alasan ini itu chel.. huehehehe. Jadi kali ini aku pengin bahas tentang “JATI DIRI” menurut aku. Tentang perjalanan menemukan jati diriku. Setiap manusia kan mempunyai jati diri masing-masing yang pastinya ga sama. Dan bersifat subjektif karena tulisan ini adalah pengalaman dan penilaianku sendiri. Feel free to agree or disagree. Rasanya tulisan ini bakalan puanjang.. semoga kalian betah. Betah dong.. orang betah disayang chely. Hugggg..



Dari dulu aku selalu menjalani kehidupan yang aku banget. Apapun pilihanku aku jalanin, semua resiko aku tanggung sendiri, semua masalah aku handle sendiri, dan bisa dibilang aku tau jati diriku dari usia muda banget. Karena dari kecil aku hidup dikeluarga yang mendidikku jadi anak yang mandiri. Mungkin juga karena faktor jadi anak pertama. Selain itu aku juga anak yang cenderung pendiam. Dari luar terlihat aku anak yang aktif bergerak, ceria, tapi nggak banyak ngomong apalagi dengan orang luar. Beda banget sama Zac yang ceriwisnya keliatan banget dari kecil, supel banget sama orang baru.

Sebelum punya adek aku termasuk anak yang manja dalam hal perhatian dan kasih sayang. Chely anaknya feel banget guys. lembut hatinyaa.. preett! Paling deket sama Bapak karena dulu sering diajak jalan-jalan. Maklum namanya anak kecil maunya disenengin terus kan. Setelah punya adek dunia pun berubah. Karena si anak pertama berada diposisi kedua. Ibuk juga makin sering menyuruhku ini itu, perhatian bapak pun teralih ke adek dan ibuk. Sepertinya anak pertama turun posisi jadi yang ketiga bung! Disitulah chely yang manja berubah.. sarerareraa..

 Aku nggak yang ngerasa cemburu sama adekku gitu, nggak yang sebel-sebel ala anak kecil terus jahilin adeknya. Aku tetep sayang sama adekku. Cuman pernah aku yang bermaksud ngudang (ngajak main) adek pas lagi masih bayi dan malah dimarahin sama ibuk. Aku cuman colek-colek pipinya dan lucu liat dia kayak nyari-nyari nenen gitukan. Mungkin entah waktu itu ibuk kasian sama adek atau gimana aku sih tetep posthink aja. Apalagi setelah jadi ibu aku ngerasain banget kalo pasca lahiran itu jadi lebih sensitif urusan anak. Cuman chely kecil mah kapokan guys heheu.. aku yang jadi ga berani ngemong adekku lagi karena nelongso, bahasa bakunya apa ya? Nelangsa? Chely sungguh rapuh jendral..

Dari situ aku jadi yang suka asik sendiri, belajar sendiri, ngerjain PR sendiri, betah main diluar sama temen-temen entah bentengan, tekongan, lompat tali. Kemana-mana juga sering sendiri. Yang paling aku inget pas SMP itu aku ke warnet jalan kaki sendiri siang-siang buat kebutuhan ngerjain tugas sekaligus friendster-an. Padahal jaraknya lumayan kalo dari rumah. Makanya dulu betis mayan kayak atlet dong saking seringnya jalan. Mau sekolah juga jalan dulu sebelum naik angkot. Ntar turun di pasar besar trus jalan lagi sampe comboran, kira-kira tiap harinya aku jalan min 2 km sehari guys biar ga oper naik angkot 2 kali. Berlanjut sampe SMA aku nggelibet doang di comboran. Lebih jauh dikit dari SMP dan semakin jauh aja jalannya.

Jadi singkat cerita dimasa sekolah aku tumbuh jadi anak yang mandiri, disiplin, kuat, dan idealisme tinggi. Mulai bekerja aku belajar banyak banget hal baru secara drastis. Lebih drastis dari perkembangan sosialku mulai dari SD ke SMP lalu ke SMA. Yang paling bikin melek ternyata banyak banget orang jahat dimuka bumi ini guys! Ternyata selama ini aku hanyalah remahan polos kehidupan yang pantas dinilai naif oleh beberapa orang. Aku dulu yang beneran selalu tulus dan ga ada pikiran buruk sama orang.

Bukannya sekarang jadi ga tulus dan suka mikir jelek juga sih, cuman lebih mature dalam menentukan sikap. Ya karena memang terlalu baik itu ga baik buat kesehatan.
Menurutku kita memang harus baik dengan semua orang, tapi ketika kita ngerasa alarm alert bahwa orang ini ga baik buat hidup kita, mending mundur perlahan deh jaga jarak. Sekedar buat menjaga hubungan silaturahmi tetap baik. Disaat dia butuh pertolongan dan kita bisa bantu ya ulurkan tangan. Tapi disaat dia memeluk sambil menusukkan pisau ya bye-bye monyet aja deh lau.. tapi aku percaya seseorang bisa berubah. Jadi emang nggak yang judging dia begitu selamanya. Karena hidup itu dinamis. Daripada sibuk judge orang mending sibuk introspeksi diri. Orang baik pernah jelek juga, orang jelek juga punya masa depan. Dan memperbaiki diri itu ga ada batasnya.

Jadi kesimpulan dari jati diriku tuh sebenernya juga inexplicable. Ga bisa dijelasin secara objektif. Oh aku ini ga sombong, oh aku ini orang jujur, oh aku keras kepala, aku blablabla.. karena aku bisa jadi orang yang bijak ketika menjadi pendengar curhatan temen, tapi aku juga bisa jadi emak alay or childish pada momen tertentu (cari perhatian suami misalnya). Aku bisa jadi orang yang ego mikirin kebaikan diri sendiri dalam satu keadaan yang aku ga mau harga diriku terinjak-injak, tapi juga bisa banget memprioritaskan kepentingan orang lain di keadaan yang lain. Aku ga milih-milih temen. Berbagai kalangan mulai dari anak sholeh sampai anak “nakal” aku punya kenalan. Tapi aku memang bergaul dengan sedikit sekali orang. Yang bener-bener selalu dalam lingkaran kehidupanku, buat temen ngobrol or hangout actually sedikit banget. Cuma itu-itu aja. Karena aku mementingkan kenyamanan dan nyambung sama aku. See? Banyak banget yin and yang nya kan.

So aku bilang aku sudah nemuin jati diriku itu ketika aku tau siapa diriku dan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berbeda-beda tanpa harus menjadi orang lain atau menjalankan keputusan orang lain untuk hidup aku. Aku tau prinsip-prinsip yang aku pegang dan selalu aku bawa kemana aja. Misalnya aku nih orang yang ga buang sampah sembarangan. Mau dimana aja kalo belom nemu tempat sampah ya aku bakalan kantongin dulu. Aku juga agak blak-blak an sama temen. Blak-blakannya juga kadarnya yang aku sesuaiin sama seberapa deket aku dengan dia.  Kalo ada yang aku ga nyaman atau aku kira kurang baik buat dia aku selalu bilang dengan cara baik. Ga yang ngomong dibalik punggungnya. Tapi itu juga mungkin yang bikin ada beberapa temen menjauh karena ga bisa mencerna maksud baik ku dan ngelepeh mentah-mentah. It’s ok karena ga semua orang bisa cocok. Aku juga jadi semakin berusaha menyelami temen-temen yang masih stay long in my circle life.

Aku setuju banget setelah baca tulisan disuatu blog tentang jati diri, bahwa seseorang yang sudah menemukan jati dirinya akan berdoa dengan bersikap. Kalo kalian mau baca linknya klik disini.

Contohnya nih si Sukro lagi berdoa,
Ya Tuhan, aku harus gimana biar sukses?
Apa yang harus aku lakuin biar dapet uang buat bayar kontrakan?
Aku mencintainya, bagaimana caraku bisa memilikinya?
Dengan berdoa seperti itu Sukro termasuk belum menemukan jati diri. Dia menggantungkan dirinya pada Tuhan tanpa tau bagaimana harus bersikap. Dan Tuhan tidak akan menghujani sukro dengan uang. Tidak akan mendatangkan wanita yang dicintainya tiba-tiba minta untuk dilamar. Tuhan tidak akan mengubah hidupnya kalau dia tidak melakukan apapun. Tidak akan ada yang bisa mengubah hidup kita selain diri kita sendiri. Orang lain hanyalah sebagai distributor Tuhan menurunkan bantuannya. Sedangkan kita harus menjemput semuanya sendiri.

Makanya itu kadang aku bingung mau berdoa apa selain mendoakan kebaikan utnuk orang-orang tersayang dan mengucapkan syukur atas semua yang aku punya. Kadang mungkin aku juga berkeluh kesah kalau ada masalah. Jadi berdoaku yang kayak lagi curhat sama seseorang. Karena kalau mau uang yang ya harus melakukan sesuatu yang menghasilkan, kalau mau dapet jodoh ya harus membuka dan memperbaiki diri biar ada yang tertarik, kalau mau hidup tenang ya jangan hobinya gangguin orang. What you give is what you get.

Buat yang masih suka galau dalam segala hal, sering merasa emosi labil, banyak-banyak introspeksi diri. Apa yang salah sama diri kita, apa yang harus diperbaiki, apa yang harus dilakukan kalo mau ini, apa yang jangan dilakukan biar nggak gitu. Punya temen curhat juga boleh kok. Tapi yang bener-bener tau solusi yang tepat bagi semua permasalahan kita ya kita sendiri kok.

Kalian pasti pernah jadi pendengar curhatan temen yang lagi galau kan? Biasanya kita selalu bisa kasih advice buat mereka. Tapi kalo kita yang ngalamin masalah kadang kita jadi ga bisa berpikir jernih dan kayak susah banget buat nemuin solusi. Itu karena kita masih terbawa emosi aja. Makanya jangan ambil keputusan ketika masih ngerasa emosi.

Ini juga reminded buat diriku sendiri kok. Banyak sekali kesalahan-kesalahanku, aib-aibku, yang semoga selalu ditutup dan dijaga oleh Tuhan. Setiap hari kita harus selalu berpikir kedepan. Apa yang mengganjal dimasa lalu harus bisa terselesaikan biar bisa melangkah ringan ke depan. Selalu menjadikan orang lain sebagai guru, pembelajaran hidup. Orang baik bisa diambil kebaikannya. Orang jelek bisa diambil hikmahnya. Berusaha posthink dalam semua keadaan. Berhuznudzon pada Tuhan. Semua jalan yang kita lalui sudah digariskan terjadi. Tuhan yang tau apa yang terbaik untuk semua makhluk.


Kayaknya udah panjang kali lebar sama dengan luas ya sodara-sodara. wabilahhitaufik wal hidayah. wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Love,

Chely

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi ^^ Thank you for reading.. and your comment means a lot to me!
if you need a quick response please poke me on my Instagram @chelychelo :)