Jumat, 25 Juni 2021

Awareness Atas Pilihan

Suatu pagi buta sekitar jam 01.00, aku mau tidur.

“Bentar, aku pengen cerita.. Bla bla bla bla.. menurut kamu gimana?”

“Oke. Faktanya kan ini itu ono. Terus mas ngerasa masalahnya dimana?”

“Ya karena aku pengennya begini, tapi malah begitu, trus lama-lama makin gini, itu juga gitu, kesel kan.”

“yaudah, liat kenyataan dulu. Dari awal mas udah milih itu, tau risknya apa ndak?”

“iya tau, tapi capek gitulo kalo gitu terus.”

“jadi dari awal mas tau risknya itu ya, tapi ngerasa capek, dan pengen ngubah kenyataan jadi kayak yang mas pengen?”

“iya..”

“Bisa nggak ngubah kenyataan dan lemparin resiko gitu aja?”

“enggak..”

“jadi pertama, tanya sama dirinya apa yang bikin capek, wajar nggak ngerasa capek, oh wajar ternyata, capek ya istirahat, atau berhenti sekalian ya monggo, mas yang pilih. Tentunya dengan risk lain yang mengikuti pilihan mas selanjutnya. Terus tentang nggak bisa jadiin kenyataan sesuai yang mas pengen, ya mau nerima apa mau merutuki? Pilih juga sambil nyadarin efeknya apa.”

“hmm.. iya..”

“yaudah gitu aja sebenernya kan hidup ini? Tentang memilih. Sadarin dengan penuh maunya apa, pilihan yang diambil dan resikonya, pertanggungjawabkan. Kalo tentang perasaan, jangan pernah di tolak, tapi digali lebih dalam. Soalnya hati buatan Allah ini nggak bakalan salah. Justru bisa nunjukin hal-hal yang benar kalo kita bisa ikutin. Masih ada yang ganjel?”

“hmm.. cukup kok, udah agak enteng..”

“Dengan mas coba cari insight dengan mau nanya dan nggak asal ngeluh aja, itu udah sebuah pilihan yang bagus kok.”

*****

Permasalahannya aku sensor ya, semoga tetep bisa dipahamin, kalo nggak paham ya lanjutin baca dulu aja. Hehehe.

Dari bangun tidur sampe tidur lagi, hidup ini isinya tentang memilih. Setiap pilihan yang kita ambil pasti punya resiko sendiri-sendiri. Nggak ada pilihan yang ga punya resiko. Tapi yang belum tentu pasti yaitu kita dengan sadar paham dan mau nerima resiko dari pilihan yang kita ambil itu. Ibarat air setetes aja pasti bikin getaran dipermukaan kolam. Hal sekecil apapun punya dampak untuk hal lain.

Misalnya bangun tidur, “mau bangun sekarang apa males-malesan dulu ya?”, “mandi air dingin apa anget ya?”, “pake baju yang mana ya?”, “minum pake gelas mana ya?”, “nyapa duluan tetangga itu apa nunggu disapa ya?”, “kok ada kucing ditengah jalan, aku pinggirin apa cuek aja ya?”, “nih orang jutek amat, jutekin balik ga ya?”, “kesel banget gue, marah-marah apa sabarin aja ya?”

Sehari kalo dihitung mungkin kita harus berjuta kali ambil pilihan entah hal kecil atau hal besar. Biasanya tingkat resiko juga sejalan dengan besar kecilnya pilihan yang harus diambil. Sadar dengan resiko ini bukan hal otomatis. Harus mau belajar dan melatih diri sendiri, karena ketika ada orang gantiin kita nerima risk dari pilihan yang kita ambil itu pasti terjadi hal buruk kedepannya.

Satu contoh kecil, misalnya kita mau ke ATM ambil uang selembar. Parkir motor nggak sampe semenit udah keluar. Terus tiba-tiba denger peluit padahal tadi nggak ada tukang parkir, motornya juga nggak dijagain gimana-gimana. Begitu keluar ATM enak aja tiba-tiba prat prit prat prit minta duit parkir. Habis dikasih duit langsung ngacir pula nggak dibenerin kek, nggak diseberangin kek.

“kasih apa nggak nih?”, habis ngasih, “kesel apa ikhlas nih?”

Kalo kita nggak mau nyadarin risk dari pilihan, mungkin kita otomatis mau kesel aja sama kang parkir. Kesel terus sampe rumah ngomel terus dalam hati. Tapi kalo mau berusaha nyari tau lebih dalem tentang pilihan kita tadi, kita nanya ke diri sendiri.

“gue kesel kenapa sih? Oh karena kang parkirnya nggak kerja bener tapi gue kasih duit. Wajar nggak gue kesel? Oh wajar sih. Tapi nggak bikin duit gue balik juga, malah bikin hati nyesek. Yaudah sih anggep aja tadi amal. Bukan tugas gue ngajarin dia ngelakuin kerjaannya dengan bener. Toh berkah enggaknya udah ada yang ngitung, Maha Adil pula. Gue cuma bisa ngatur amal gue sendiri.”

See? Bisa mahamin nggak proses berpikirnya dari contoh yang aku kasih. Duh maaf kalo aku nggak jago ngasih contoh. Intinya sih sering latihan self-talk dan kemauan buat menggali ke dalam diri kita sendiri. Karena pastinya akan sedikit lebih capek diawal dan butuh energi buat mikirin lebih matang pilihan yang kita ambil. Tapi menurutku worth it dan lebih memudahkan diri sendiri banget.

Tentang Berpikir Kritis

So, daripada asal milih yang keliatannya gampang, enak didepan, menuhin ego, tapi belakangannya bikin kita nggak siap nerima resiko dan sibuk nyari siapa yang salah, terus lupa kalo dirinya andil juga bikin pilihan, ya mending kan kita belajar mindfull dalam memilih. Seenggaknya kita siap dan bisa nyikapin sebelum resikonya bener-bener muncul.

 

Selina

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi ^^ Thank you for reading.. and your comment means a lot to me!
if you need a quick response please poke me on my Instagram @chelychelo :)