Senin, 22 Juni 2020

Tentang Nenek, Sayur Sawi, dan Empat Puluh Satu Ribu



Biasanya aku nggak pengen terlalu mengangkat hal-hal bersifat agamis di tulisan blog. Karena aku hanyalah manusia biasa yang banyak khilafnya. Bukan alim ulama’ yang punya banyak ilmu dan memang sepantasnya berdakwah dengan segala keilmuannya. Hal-hal mengenai agama dan ibadah sangat bersifat privasi dan personal buatku. Aku membicarakannya dengan orang-orang tertentu aja. Tapi pengalaman kali ini pengen banget aku share ke kalian, karena banyak hikmah yang aku dapetin dari satu kejadian dan satu orang yang Tuhan kirim buat nemuin aku kemarin.


I’ll straight to the incident last night. Dalam perjalanan ke Blitar, sekitar jam 8 malem Zac bilang kebelet pipis. Jadi kami berhenti di Indomaret. Zac turun sama Abang sedangkan aku nunggu dimobil sendirian sambil dengerin musik. Dalam hati dan pikiranku sebenarnya banyak hal undescribable yang berkecamuk. Yang jelas bikin aku nggak banyak bicara selama perjalanan.


Tiba-tiba ada nenek tua yang ketuk-ketuk kaca mobil, aku kaget dan kayak bingung beberapa detik. I mean, aku kayak mikir dulu, what’s going on right now? Nenek ini seorang pengemis kah, atau modus kejahatan kah. Bener-bener nggak bisa nahan pemikiran buat self-defense ketika kita ngerasa lagi ditempat yang kita asing kan? Karena aku orangnya cukup waspada meski muka keliatan lempeng nggak yang panik gitu.


Terdengar suara samar-samar nenek itu dalam bahasa krama (jawa halus), lalu aku buka sedikit pintu mobilku. Si nenek ternyata membawa beberapa ikat sayur sawi yang masih seger, dia bilang dalam bahasa krama, “Bu ini lima ribu aja dapet 3 ikat”. Dengan hati yang lebih lega aku mencari uang didompetku yang ternyata nggak ada pecahan kecil.


Masih kebingungan antara nunggu abang keluar atau gimana, si nenek menambah beberapa ikat sawi lagi sambil bilang “ini semua sembilan ribu aja Bu, udah terakhir ini habis”. Aku antara nggak bisa nolak karena kasihan liat nenek, juga nggak terlalu bisa menjawab dengan bahasa krama, mutusin buat ngasih selembar uang lima puluh ribu dan cuman bisa bilang, “ini bu dibawa aja, sampun, dibawa aja bu”.


Nenek itu nerima uangnya dan jalan ke arah pintu masuk Indomaret sambil badannya terbungkuk, kayaknya nenek mengalami osteoporosis atau kelainan tulang yang bikin badannya nggak bisa tegak. Aku mandangin nanar dengan hati sedih, setua itu masih bekerja keras jualan sayur sampe jam 8 malem. Sempet aku fotoin dari dalem mobil nenek tua berbaju hijau itu sambil dalam hati mendoakan kebaikan buat beliau.


Aku kira nenek itu mau membeli sesuatu di indomaret. Ternyata dia mau tukerin uang lima puluh ribu itu jadi pecahan. Aku bisa nebak dari kejauhan dan disitu hatiku mencelos, aku bisa tau beliau mau kasih uang kembalian ke aku. Bener aja si nenek jalan nyamperin mobilku, dari dalem mobil aku udah beruraian air mata. Nenek ngetok-ngetok jendela lagi dan nyerahin uang empat puluh ribu setelah aku buka pintu. “sampun bu, sampun..” (sudah bu, sudah..), tapi nenek bersikeras ngasih uang itu dan aku terima sambil udah nggak bisa apa-apa rasanya selain nangis. Aku tutup pintu lagi dan makin sesenggukan.


Ngeliat nenek jalan menjauh, ternyata dia bawa sepeda tapi cuman buat dituntun. Sepedanya ada keranjang buat tempat sayur-sayur yang udah kosong saat itu. Liat nenek yang kayak nyari sesuatu di keranjangnya, terus beliau jalan kearah mobilku lagi. Aku cepet-cepet hapus air mata dan beliau buka pintu mobilku, Cuma demi ngasih uang koin seribu rupiah! Seribu perak! Sekelebat aku inget beliau tadi bilang semua sawi yang aku beliau hargai sembilan ribu rupiah. Ya Allah.. menjerit hatiku rasanya.. Allah.. Allah.. Masya Allah.. nggak tertahankan lagi rasanya banjir air mata dan makin sesenggukan..
(ToT)
(ToT)
(ToT)


Abang dan Zac bingung ketika balik mendapatiku yang nangis sesenggukan didalem mobil. Dikiranya aku habis dirampok atau kenapa karena uang kembalian dari nenek berceceran dibawah, tapi kok tiba-tiba ada sayur sawi segebok juga. Aku cerita sambil nangis kayak balita, abang nenangin sambil kusuk-kusuk kepalaku. Yaudah kita doain yang baik-baik aja buat nenek, katanya.


Lanjut perjalanan aku belum bisa langsung move on, masih campur aduk rasanya kejadian itu. Masih nangis-nangis sambil nyebutin betapa hebatnya nenek tua itu. Aku ngerasa kecil dan nggak ada apa-apanya. Dalam hati ngerasa malu banget.. banyak pelajaran yang aku dapet dari kejadian singkat tentang nenek tua, sayur sawi, dan kembalian uang empat puluh satu ribu rupiah.


Betapa dalam sepuluh menit, nenek itu udah mengajarkan sebuah kejujuran, ketabahan, kekuatan, qana’ah (merasa cukup). Beliau nggak menjual rasa kasihan orang-orang, kerja keras menjual sayur sampe jam 8 malam dengan kondisi yang berdiri tegak aja nggak bisa, dan merasa cukup dengan apa yang didapatkan. Beliau bekerja dengan niat mendapat imbalan yang sesuai dari apa yang ia kerjakan. Rasanya, ilmu nenek ini sudah menjulang ke langit, mungkin para penduduk langit pun sudah mengenal beliau.


Aku nggak akan pernah ngelupain kejadian ini, aku bersyukur bisa  berkesempatan dapetin hikmah ini. Karena aku yakin nggak ada yang kebetulan, Tuhan sudah menggariskan segalanya yang terjadi pasti terjadi. Semoga nenek selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin yaa robbal ‘alamin..



Love,

Chely


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi ^^ Thank you for reading.. and your comment means a lot to me!
if you need a quick response please poke me on my Instagram @chelychelo :)